Jumat, 10 Juli 2009

Pendidikan musik di negara asing

Norwegia menawarkan pendidikan musik pada berbagai tingkat, mulai dari usia anak-anak hingga tingkat doktor dan musikologis. Diantara para musikologis Norwegia yang memiliki reputasi internasional adalah

Finn Benestad dan Dag Schelderup-Ebbe dengan penelitian mereka terhadap Grieg, dan Harald Herresthal dengan penelitiannya terhadap musik Norwegia pada tahun 1800. Pusat penelitian musik adalah Universitas Oslo, Bergen dan Trondheim serta Akademi Musik Norwegia di Oslo.

Di atas sistem pendidikan adalah pendidikan musik tinggi, yang ditawarkan oleh college dan universitas. Gelar tertinggi diberikan oleh Akademi Musik Norwegia di Oslo, sementara college dan universitas di Bergen, Trondheim, Stavanger, Kristiansand dan Tromsø masing-masing memiliki fakultas konservatori. Daftar lengkap program pendidikan musik dapat diperoleh dari direktori Pusat Informasi Musik Norwegia.

Masing-masing daerah di Norwegia diharuskan untuk memberikan program pendidikan musik minimum di tingkat pendidikan menengah atas (upper secondary school). Daftar lengkap sekolah menengah atas yang menawarkan program pendidikan musik dapat dibaca di Pedlex – Informasi Sekolah Norwegia. Beberapa folk high school dengan program satu tahun juga memberikan pelajaran musik. Daftar lengkap sekolah ini dapat diperoleh dari organisasi folk high school.

Institut Musik Barratt Due di Oslo merupakan satu-satunya sekolah yang menawarkan program khusus bagi anak-anak muda yang memiliki bakat musik luar biasa. Sekolah ini menyelenggarakan kelas-kelas bagi anak-anak usia pra-sekolah hingga tingkat konservatori, dimana orkestra mereka telah dikagumi secara luas.

Sejak tahun 1998, undang-undang Norwegia mengharuskan semua kotapraja untuk memberikan pendidikan seni kepada anak-anak. Hal ini menghasilkan kegiatan setelah sekolah yang menawarkan kursus di bidang musik, tari, teater, menggambar, melukis dan sebagainya. Dewan Norwegia untuk Sekolah dan Seni bertindak sebagai sumber bagi kotapraja Norwegia dan memiliki hubungan dengan beberapa sekolah seni.

Pendidikan musik juga dapat diberikan bagi anggota masyarakat termuda. Norwegia memiliki beberapa tempat penitipan anak yang memiliki spesialisasi di bidang musik. Sementara Early Childhood Music Association of Norway menyelenggarakan kursus bagi wanita hamil dan orang tua yang memiliki bayi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

unek-unek